Pencari kerja yang paling cerdas pasti akan membuat kesalahan di sana-sini, tetapi di pasar bakat yang sangat kompetitif, kesalahan kecil bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan impian Anda kompasiana. Sangat mudah bagi pencari kerja yang paling cerdas sekalipun untuk membuat kesalahan. Dengan mempelajari cara menavigasi jebakan potensial sejak awal, pencarian pekerjaan Anda akan lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak hasil positif. Berikut adalah beberapa kesalahan yang tidak boleh anda lakukan ketika Anda mencari pekerjaan bahkan untuk penyandang disabilitas.

Menanggapi Posting Pekerjaan Online

Secara umum, posting pekerjaan dan “iklan ingin” menghasilkan sedikit nilai. Sebagai gantinya, ia menyarankan untuk menghabiskan tidak lebih dari lima persen waktu berharga Anda untuk posting pekerjaan publik, dan mencurahkan sebagian besar waktu Anda untuk membangun jaringan yang produktif.

Mengirim Resume yang Tidak Diminta

Resume yang tidak diminta dianggap sampah, kertas bekas, dan usaha yang sia-sia. Konsultan karir, pembicara dan pakar pencarian kerja Rick Gillis, setuju, menunjukkan bahwa resume Anda kemungkinan akan ditolak oleh sistem pelacakan pemohon bisnis kecuali jika secara khusus diformat dan ditargetkan ke posisi terbuka.

Hanya Mencari Bukaan Pekerjaan

Lebih dari 40 persen posisi diciptakan untuk pelamar, seringkali selama wawancara di tempat; posisi ini tidak ada sebelum kandidat yang tepat muncul, kata Myers. Kuncinya adalah mengubah fokus Anda dari “pembukaan” ke “peluang,” yang ada hampir di mana-mana.

Jaringan Tidak Efektif

Jaringan harus menjadi fokus utama dari setiap pencarian pekerjaan. Networkers terbaik adalah pendengar daripada pembicara, memiliki agenda yang jelas, dan tidak malu meminta umpan balik dan bimbingan. Agar jaringan berhasil, sebaiknya diingat bahwa jaringan adalah “permainan panjang” yang mungkin berevolusi secara lambat, tetapi itu dapat terbayar seiring waktu. Yang terbaik adalah memiliki pendekatan terstruktur dan profesional yang dapat Anda lacak dengan mudah dan membuat Anda bertanggung jawab.

Membiarkan Diri Anda Terbuka untuk Berbagai Macam Pekerjaan

Meskipun Anda perlu tetap terbuka untuk peluang daripada lowongan pekerjaan tertentu, penting untuk tidak menggunakan jaring terlalu lebar. Kunci lain untuk pencarian kerja yang sukses adalah fokus pada menemukan peluang yang tepat – bukan hanya sembarang pekerjaan. Bahkan sebelum Anda memulai pencarian Anda, jelaskan secara jelas pada jenis posisi yang Anda inginkan, daripada berfokus pada satu peran pekerjaan tertentu, dan kemudian habiskan semua upaya Anda untuk mengejar peluang semacam itu.